Terus berupaya memperbaiki citra pelayanan kepada masyarakat, RSUD dr. Soedomo Trenggalek lakukan Kontrak Pelayanan, Selasa (30/4/2019) di Hall Hotel Bukit Ja'as Permai. Direktur RSUD dr. Soedomo, dr. Saeroni, M.M.R.S., menuturkan bahwa kontrak pelayanan ditujukan untuk terwujudnya standar pelayanan terhadap masyarakat.
"Baru pertama kali RSUD duduk bersama dengan stakeholder terkait guna melakukan penyusunan standard pelayanan terhadap masyarakat," ucap Saeroni.
Masalah terkait keramahan petugas, terlalu ribetnya birokrasi serta beberapa permasalahan lain masih menjadi isu kurang baiknya bagi pelayanan di rumah sakit. Tak ingin berlarut-larut dengan permasalahan tersebut dan berupaya memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, RSUD dr. Soedomo terus melakukan upaya perbaikan.
Dalam kegiatan ini, Direktur RSUD dr. Soedomo memaparkan segala upaya perbaikan di bidang pelayanan, baik dalam hal pemenuhan tenaga medis, dokter spesialis, peralatan hingga sarana dan prasarana. Meskipun telah dilakukan upaya perbaikan, namun, menurut Saeroni masih diperlukan peran serta masyarakat untuk ikut mendorong upaya tersebut.
Sedangkan Kabid Pelayanan Penunjang Medis RSUD dr. Soedomo, dr. Sunarto, menerangkan perlunya pemahaman bersama antara Pemerintah dengan masyarakat. "Fast Track misalnya, karena tidak adanya pemahaman yang sama, Fast Track kadang menimbulkan permasalahan, siapa saja yang bisa melakukan fasilitas ini. Fast Track ini difungsikan untuk pasien berkebutuhan khusus dan lansia 70 tahun keatas," terangnya.
Selain itu, untuk mengurai masalah pendaftaran pasien yang berjubel di loket pendaftaran, RSUD dr. Soedomo juga telah menerapkan sistem SMS Gateway yaitu di nomor 0813-3000-0031. Dimana pendaftaran pasien tidak harus antri di loket, namun dapat dilakukan melalui SMS, sehingga antrian di tempat pendaftaran tidak terlalu panjang. "Apa lagi mayoritas pasien rawat jalan adalah pasien lama dari rumah sakit, sehingga SMS gateway ini dinilai dapat mempermudah bagi pasien," ujar Sunarto.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si., mengatakan bahwa capaian yang dilakukan RSUD dr. Soedomo patut diapresiasi. "Kami merasa bangga bila melihat capaian dan upaya perbaikan yang dilakukan oleh RSUD yang dipaparkan oleh direktur tadi," ungkapnya.
"Komitmen bersama pemenuhan standar pelayanan publik memang sangat dibutuhkan untuk membangun citra RSUD dr. Soedomo dalam menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat. Diharapkan dengan adanya penandatanganan komitmen ini, perbaikan pelayanan dapat terus dilakukan sehingga timbul kepuasan bagi masyarakat," pungkas Sekda Joko Irianto. (Humas)