Novita Hardini Buka Ajang Pemilihan Duta Genre Kabupaten Trenggalek 2021


Bunda Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad, SE., buka ajang pemililihan Duta GenRe Kabupaten Trenggalek tahun 2021 di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Rabu (1/12).

30 remaja di Kota Keripik Tempe terpilih menjadi finalis yang akan dinilai oleh para dewan juri yang berkompeten, salah satunya Bunda GenRe Trenggalek. Duta yang terpilih tentunya akan melanjutkan tongkat estafet duta Generasi Berencana di Bumi Menaksopal.

Bukan ajang keren-kerenan, GenRe sendiri di inisiasi untuk mendorong remaja di Trenggalek lebih berkualitas dan memiliki ilmu yang cukup dalam mengenali serta pintar merencanakan keluarga yang baik.

Seperti pesan yang disampaikan Bunda GenRe Kabupaten Trenggalek saat membuka kegiatan ini, "siapapun bisa menghitamkan warna kehidupan, namun dipastikan tidak ada yang mampu menghitamkan kehidupan kita," ucap istri Bupati Trenggalek ini menyampaikan pesannya.

Dalam ajang itu, Bunda GenRe ini juga menyebutkan perencanaan keluarga itu penting dilakukan sejak dini. Idealnya sejak usia remaja, dengan begitu pemahaman terkait seluk beluk keluarga dapat dipahami lebih dini.

Pemilihan Duta GenRe ini sendiri ditujukan untuk mendorong generasi muda yang bisa ikut mengajak teman sebayanya mampu menciptakan keluarga yang sehat, harmonis  serta memiliki ketahanan keluarga yang memadai.

"Saat ini penduduk di usia muda jauh lebih besar dibandingkan kelompok dewasanya," lanjut ibu dari gadis cantik bernama Sia itu. Kemajuan teknologi di era globalisasi bisa berdampak positif dan juga bisa berdampak negatif. Pemerintah melalui GenRe ini mencoba membentengi generasi muda di Trenggalek dari pengaruh buruk kemajuan tekhnologi dan mendorong mereka menjadi generasi berkualitas yang mampu menyiapkan keluarganya dengan baik nantinya.

"Tujuan GenRe ini salah satunya untuk mencetak kader-kader remaja yang memiliki pengetahuan tentang keluarga. Selain itu juga bisa menjadi motor penggerak bagi remaja Trenggalek dalam menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja," ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek itu saat membuka kegiatan ini.

Novita juga berpesan kepada para finalis duta GenRe tahun 2021, bawasannya perjuangan tidak berhenti siapa yang terpilih menjadi Duta GenRe saja. "Ini menjadi titik awal mereka menjadi motor penggerak bagi remaja lain, agar bisa merencanakan keluarganya dengan baik," sambungnya.

Terakhir penggiat perempuan ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membangun Trenggalek bersama. "Orang yang baik tidak hanya berbuat baik pada diri dan keluarga saja, melainkan bisa bermanfat bagi orang lain juga," tutup inisiator Sekolah Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan (Sepeda Keren) Trenggalek itu dalam pemilihan duta GenRe ini. (Nur/ Dokpim)